home

Kamis, 20 Juni 2013

Resume Ilmu Fiqh tentang Thaharah, zakat, sholat, puasa dan haji

                                                                            BAB 1
                                                                      THAHARAH
  1. PENGERTIAN
Thaharah menurut bahasa berasal dari bahasa arab (الطهراه  ( yang artinya bersuci. Sedangkan menurut istilah, thaharah ialah menghilangkan hadas dan najis dari badan, pakaian dan tempat supaya dapat menunaikan ibadat khususnya ibadat solat.
Bersuci itu adalah sesuatu yang wajib di dalam ajaran islam.Tanpa bersuci ibadat tidak diterima.Di antara cara bersuci ialah wuduk , mandi dan membersihkan najis dari badan dan pakaian.
  1.  JENIS-JENIS BERSUCI

1.      Menyucikan badan dari hadas kecil.
Yaitu menyucikan badan daripada hadas kecil dengan berwudhu atau bertayammum. Orang yang berhadas kecil tidak dibolehkan mengerjakan solat atau menyentuh al-Quran.
2.      Menyucikan badan dari hadas besar.
Orang yang berjunub atau berhadas besar hendaklah membersihkan dirinya dengan mandi.Mereka yang berhadas besar ialah mereka yang melakukan persetubuhan ,orang yang haid dan nifas. Orang yang berhadas besar juga diharamkan mengerjakan solat, puasa, haji, duduk di dalam masjid, menyentuh dan membaca al-Quran.
3.      Istinja’
Menghilangkan kotoran seperti najis dari tempat keluarnya dengan sesuatu yang bersih seperti air, kertas, batu, tisu dan sebagainya sehingga najis itu bersih. Istinja’ itu mestilah menghilangkan najis, baunya dan rasanya.
Cara-cara beristinja’:
a.       Istinja’ itu mestilah 3 kali ulang, kalau masih belum suci boleh di ulangi lagi sehingga bersih.
b.       Alat dibuat istinja’ itu mestilah dapat membersihkan tempat najis yang keluar.
c.        Sekiranya batu mestilah diambil sekurang-kurangnya 3 biji.
  1.  AIR
Air di bagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

1.    Air Mutlak (Air yang suci lagi menyucikan).
Air ini boleh digunakan untuk minum, mandi dan berwudhu dan boleh juga digunakan untuk membasuh.contoh air mutlak ialah air telaga, air sungai, air hujan, air mata air, air laut dan sebagainya.

2.    Air Musta’mal (Air yang telah digunakan ).

3.    Air yang suci tetapi tidak boleh menyucikan.
Yaitu air yang telah berubah salah satu sifatnya, contoh seperti air kopi, air teh dan sebagainya. Termasuk juga dalam golongan ini air yang kurang dari dua kolah yaitu air yang sudah digunakan untuk berwudhu atau menghilangkan najis.

4.    Air Mutannajis ( Air yang kotor).
Air yang najis yaitu air yang sudah berubah semua sifatnya seperti warna, rasa atau baunya dan bercampur dengan najis.

5.    Air Musyammas (air yang berjemur pada matahari).
Ialah air yang makruh untuk digunakan ialah air yang terjemur pada terik matahari dalam bekas selain bekas daripada emas atau perak. Air ini makruh digunakan untuk badan tetapi boleh digunakan untuk membasuh pakaian.

  1. JENIS – JENIS NAJIS
Jenis-jenis najis di kelompokkan menjadi 3 bagian di bawah ini :

1.    Najis Mughallazah (najis berat).
Yaitu najis yang berat yaitu najis anjing dan babi. Cara mencuci barang–barang yang terkena najis ini ialah dengan menyamak yaitu membasuh dengan air sebanyak 7 kali. Di antara basuhan itu hendaklah dengan air bercampur dengan tanah.

2.    Najis mukhaffafah (najis ringan).
Yaitu najis yang ringan seperti kencing bayi yang berusia 2 tahun kebawah, yang hanya minum susu ibunya saja. Cara menyucinya ialah dengan merenjis air di tempat terkena kencing itu.

3.    Najis Mutawassitah (najis pertengahan).
Yaitu najis pertengahan. Termasuk dalam kumpulan ini ialah air kencing, tahi, darah, nanah, muntah, air mazi (yaitu air putih jernih yang keluar dari kemaluan ketika nafsu berahi meningkat), wadi (yaitu air putih jernih yang keluar dari kemaluan sesudah buang air kecil ketika kerja berat), arak dan susu binatang yang tidak boleh dimakan. Cara menyucinya ialah basuh dengan air bersih hingga hilang baunya, rasanya, dan warnanya. Jika sudah dibasuh berulang-ulang kali tetapi bau dan warnanya tidak juga hilang adalah dimaafkan.

  1. WUDHU
1.    Pengertian wudhu
Wudhu menurut bahasa artinya bersih dan indah. Menurut syarak artinya membersihkan anggota wudhu untuk menghilangkan hadas kecil. Bagi orang yang hendak menunaikan sholat, wajiblah baginya berwudhu dahulu kerana berwudhu adalah syarat sahnya sholat.
Hadits Rasul SAW :
لا يقبل الله صلاة احدكم إذا احدت حتّي يتوضّأ

Yang artinya “ Allah tidak menerima shalat seseorang kamu bila Ia berhadats, sampai Ia berwudhu’ “ ( HR Baihaqi, Abu Daud, dan Tirmizi ).

2.    Fardhu Wudhu
Dalam Q.S. Al-maidah : 6 Allah beriman :
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”
Berdasarkan ayat di atas, maka fardu wudhu ada enam perkara berikut :
a.       Niat.
Ialah berniat dalam hati ketika membasuh sebahagian muka.membaca lafaz adalah sunat. Lafadznya ialah sebagai berikutt:

نويت الوضوع لرفع الحدث الاصغر لله تعالى
“ Sengaja aku berwudhu untuk mengangkat hadas yang kecil kerana Allah Taala”
b.      Membasuh muka
Yaitu membasuh dari sekeliling tempat tumbuhnya rambut kepala hinggga ke bawah dagu dan dari telinga kanan hingga ke telinga kiri.
c.       Membasuh kedua tangan hingga kesiku dimulai dengan tangan kanan kemudian tangan kiri.
d.      Membasuh atau menyapuh sebahagian dari kepala. Sekurang-kurangnya membasahkan 3 helai rambut dikepala.
e.       Membasuh kedua kaki hingga ke buku lali dimulai dari kaki kanan kemudian kaki kiri.
f.       Tertib yaitu melakukan wudhu mengikut turutan dan berturut-turut.

3.    Syarat-Syarat Wudhu
Adapun syarat-syarat wudhu adalah sebagai berikut :
a.       Beragama ilslam
b.      Mumaiyiz yaitu seseorang yang telah dapat membedakan antara yang bersih dengan yang kotor.
c.       Suci dari haid dan nifas
d.      Dengan air yang suci lagi menyucikan
e.       Tidak ada sesuatu yang dapat menghalang air sampai kekulit (anggota wudhu) seperti getah, minyak dan sebagainya
f.       Mengetahui yang mana wajib dan yang mana sunat

4.    Sunat-Sunat Wudhu
Sunat-sunat wudhu ialah sebagai berikut :
a.       Membaca Bismillah.
b.      Membasuh kedua tangan sehingga ke pergelangan tangan.
c.       Berkumur-kumur.
d.      Memasukkan air kehidung.
e.       Menyapu seluruh kepala.
f.       Menyapu air kedua-dua telinga luar dan dalam.
g.       Membasuh tiap-tiap anggota wuduk tiga kali.
h.      Tidak bercakap-cakap ketika berwudhu.
i.        Bersikat gigi.
j.        Membaca doa selepas berwudhu.

5.    Perkara-Perkara Yang Membatalkan Wudhu
a.       Keluar sesuatu dari dua jalan yaitu qubul dan dubur seperti kentut, kencing dan sebagainya
b.      Hilang ingatan dengan sebab gila atau pitam atau tidur yang tidak tetap kedudukannya
c.       Bersentuh kulit antara lelaki dan perempuan yang bukan muhrimnya
d.      Menyentuh kemaluan dengan telapak tangan atau perut anak jari. Entah kemaluan sendiri atau orang lain.

  1. TAYAMMUM
Tayammum ialah menyapu tanah dengan kedua tangan hingga ke siku dengan beberapa syarat tertentu .Tayammun adalah sebagai ganti wudhu atau mandi wajib khususnya bagi mereka yang tidak boleh menggunakan air kerana sebab-sebab tertentu yaitu uzur kerana sakit yang tidak boleh terkena air, tiada air atau ada air yang cukup untuk minum saja.

1.         Syarat-syarat Tayammum
a.       masuk waktu solat sedangkan air tidak ada,
b.      tidak ada air walaupun sudah berusaha mencarinya,
c.       tanah suci dan berdebu,
d.      menghilangkan najis dari badannya dengan beristinja’ sebelum bertayammum.

2.         Rukun Tayammum
a.       berniat,
b.      menekankan kedua tapak tangan ke atas bedu yang suci,
c.       menyapu muka dengan debu tadi,
d.      menekan kedua telapak tangan ke atas debu sekali lagi kemudian menyapu dua tapak tangan sampai kesiku,
e.       tertib.

3.         Sunnat Tayammum
Sunnat-sunnat tayammum adalah sebagai berikut :
a.       Membaca Basmalah,
b.      Mengadap kiblat,
c.       Mendahului menyapu anggota kanan,
d.      Mengejakan dengan berturut-berturut.

4.         Perkara yang Membatalkan Tayammum
Perkara yang bisa membatalkan tayammum adalah sebagai berikut :
a.       semua perkara yang membatalkan wudhu,
b.      mendapatkan air sebelum memulakan sholat (bagi orang yang tidak uzur),
c.       apabila orang yang uzur boleh menggunakan air.

  1. MANDI WAJIB atau MANDI JUNUB
Mandi junub ialah mandi yang wajib dilakukan untuk mengangkat hadas yang besar setelah berlaku salah satu daripada sebab-sebab yang menyebabkan wajibnya mandi wajib seperti bersetubuh, nifas, dan lain-lain.

1.      Sebab-sebab Wajib Mandi :
a.       melakukan persetubuhan yaitu memasukkan kepala hasafah ke dalam faraj meskipun tidak keluar air mani,
b.      keluar air mani walaupun tidak bersetubuh,
c.        mati kecuali mati syahid,
d.        suci daripada haid. Apabila seseorang perempuan telah suci daripada haidnya maka wajiblah dia mandi dengan segera,
e.        suci dari darah nifas iaitu darah yang keluar sesudah melahirkan anak.
f.         Wiladah yaitu melahirkan anak.

2.      Rukun Mandi Junub :
a.       Niat.
b.      menghilangkan semua najis daripada anggota badan,
c.       meratakan air ke seluruh badan.

3.      Sunah-sunnah Mandi Junub :
a.       membaca bismillah,
b.      mencuci faraj dan dubur dengan air bersih,
c.       kalau ada najis ditubuh badan hendaklah dibersihkan terlebih dahulu,
d.      sunnah berwudhu,
e.       menjirus air ke badan dimulakan dari sebelah kanan.

4.      Perkara-Perkara yang Dilarang Bagi Orang yang Berhadas Besar :
a.       mengerjakan solat, termasuk juga sujud syukur, sujud tilawah, membaca khutbah jumaat,
b.      melakukan tawaf di Baitullah,
c.       menyentuh dan membaca al-Quran,
d.      berhenti di dalam masjid atau berulang-alik di dalamnya,
e.       berpuasa dan sebagainya.


                                                                            BAB II
                                                                          SHOLAT
  1. PENGERTIAN
Menurut bahasa sholat artinya berdoa, sedangkan menurut istilah sholat ialah suatu perbuatan serta perkataan tertentu yang di mulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam sesuai dengan persyaratan yang ada.
Allah SWT., berfirman :

Artinya:
Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukulah beserta orang – orang yang ruku..

  1. HUKUM, TUJUAN dan SYARAT
1.      Hukum sholat fardhu lima kali sehari adalah wajib bagi semua yang telah dewasa atau akil baligh serta normal (tidak gila).
2.      Tujuan sholat adalah untuk mencegah perbuatan keji dan mungkar.
إِنَّ الصَّلاَةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ
“sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.”
3.      Syarat-syarat untuk menunaikan sholat
a.             Beragama islam
b.             Berakal
عَنِ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ، وَعَنِ الْمُبْتَلَى حَتَّى يَبْرَأَ، وَعَنِ الصَّبِيِّ حَتَّى يَكْبُر رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلاَثَةٍ
“Diangkat pena dari tiga golongan: orang yg tidur sampai ia bangun orang gila sampai kembali akal atau sadar dan anak kecil hingga ia besar.”
c.             Baligh
d.            Mumayyiz
e.             Bersih dari hadas dan najis
f.              Sadar atau tidak sedang tidur.

  1. SYARAT SAH PELAKSANAAN SHOLAT
Syarat sah sholat adalah sebagai berikut :
1.      Masuk waktu sholat
2.      Menghadap kiblat
3.      Suci dari hadas dan najis (baik badan maupun tempat ibadah)
4.      Menutup aurat

  1. RUKUN SHOLAT
Ketika sholat ada rukun-rukun yang harus kita penuhi, yakni :
1.      Niat
2.      Posisi berdiri bagi yang mampu
3.      Takbiratul ihram
4.      Membaca suratul fatihah
5.      Rukuk
6.      I’tidhal
7.      Sujud
8.      Duduk di antara dua sujud
9.      Sujud kedua
10.  Tasyahud
11.  Membaca shalawat Nabi
12.  Salam (ke kanan adalah wajib dan ke kiri adalah sunnah).

  1. HAL YANG MEMBATALKAN SHOLAT
Dalam melaksanakan ibadah sholat, sebaiknya kita memperhatikan hal-hal yang bisa membatalkan sholat kia, contohnya seperti :
1.      Berhadas dan najis baik pada tubuh, pakaian, maupun tempat.
2.      Berkata-kata kotor
3.      Melakukan banyak gerakan di luar bukan darurat
4.      Gerakan sholat tidak sesuai dengan rukun sholat dan gerakan yang tidak tuma’ninah.
5.      Ada yang keluar pada qubul dan dubur
6.      Melakukan persetubuhan dengan istri baik keluar air mani maupun tidak.



                                                               BAB III
                                                                PUASA
A.           PENGERTIAN
Puasa berasal dari bahasa Arab ( الصيام ) yang berarti menahan. Secaara istilah adalah menahan diri dari semua hal yang dapat membatalkan puasa mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.
Allah SWT., berfirman dalam Q.S Al-Baqarah : 183
Artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

B.            MACAM-MACAM PUASA
Berdasarkan jenisnya puasa di bagi menjadi dua, yakni :
1.      Puasa wajib, yang meliputi :
a.       Puasa ramadhan
b.      Puasa nazar
c.       Puasa kifarat
2.      Puasa sunnah, yang meliputi :
a.       Puasa 6 hari berturut-turut di bulan Syawal, dimulai pada hari ke-2 (setelah Idul Fitri) sampai hari ke-7
b.      Puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijah bagi orang-orang yang tidak menunaikan ibadah haji
c.       Puasa Senin-Kamis
d.      Puasa Daud (sehari puasa, sehari tidak), bertujuan untuk meneladani puasanya Nabi Daud As.
e.       Puasa 3 hari pada pertengahan bulan (menurut kalender islam)(Yaumil Bidh), tanggal 13, 14, dan 15
f.       Puasa Sya’ban (Nisfu Sya’ban) pada awal pertengahan bulan Sya’ban.

C.            SYARAT WAJIB PUASA
Syarat wajib puasa adalah sebagai berikut :
1.         Beragama islam
2.         Berakal sehat
3.         Baligh (sudah cukup umur)
4.         Mampu melaksanaknnya
5.         Orang yang sedang berada di tempat.

D.      SYARAT SAH PUASA
Adapun syarat sah nya puasa ialah sebagai berikut :
1.      Islam
2.      Mumayyis (dapat membedakan yang baik dan yang buruk)
3.      Suci dari haid dan nifas
4.      Mengetahui waktu diterimanya puasa.

E.       RUKUN PUASA
Dalam menjalankan ibadah puasa ada beberapa rukun yang harus di penuhi yakni :
1.      Niat
2.      Meninggalkan segala yang membatalkan puasa mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.

F.        WAKTU YANG DIHARAMKAN UNTUK BERPUASA
Waktu haram puasa adalah waktu saat umat Muslim dilarang berpuasa. Hikmah puasa adalah ketika semua orang bergembira, seseorang itu perlu turut bersama merayakannya.
Adapun waktu yang diharamkan untuk berpuasa ialah :
1.      Hari Raya Idul Fitri (1 Syawal)
2.      Hari Raya Idul Adha (10 Zulhijjah)
3.      Hari-hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijjah).

G.      SUNNAH-SUNNAH PUASA
1.      Bersahur walaupun sedikit makanan atau minuman
2.      Melambatkan bersahur
3.      Meninggalkan perkataan atau perbuatan keji
4.      Segera berbuka setelah masuknya waktu berbuka.Mendahulukan berbuka daripada sembahyang Maghrib
5.      Berbuka dengan buah tamar, jika tidak ada dengan air
6.      Membaca doa berbuka puasa

H.      HAL YANG MAKHRUH KETIKA BERPUASA
1.      Selalu berkumur-kumur
2.      Merasa makanan dengan lidah
3.      Berbekam kecuali perlu
4.      Mengulum sesuatu

I.         HAL/PERKARA YANG MEMBATALKAN PUASA
Adapun perkara yang membatalkan puasa ialah sebagai berikut :
1.      Memasukkan sesuatu ke dalam rongga badan
2.      Muntah dengan sengaja
3.      Bersetubuh atau mengeluarkan mani dengan sengaja
4.      Kedatangan haid atau nifas
5.      Melahirkan anak atau keguguran
6.      Gila walaupun sekejap
7.      Mabuk ataupun pingsan
8.      Murtad (keluar dari agama islam).

J.         HIKMAH PUASA
1.      Melatih kesabaran dalam menjalani hidup
2.      Sebagai bentuk pendidikan kepada si kaya akan perihnya jika tidak makan seperti yang dirasakan si miskin.
3.      Sebagai jawaban bahwa semua hamba itu adalah sama di mata Allah.


                                                              BAB IV
                                                              ZAKAT
A.      PENGERTIAN
Zakat adalah salah satu rukun Islam yang lima. Zakat secara etimologi berarti “tumbuh dan bertambah”.  Juga bisa berarti berkah, bersih, suci, subur dan berkembang  maju.
Zakat menurut terminologi berarti, sejumlah harta tertentu yang diwajibkan oleh Allah subhanahu wata'ala. untuk diberikan kepada para mustahik yang disebutkan dalam Al-quran. Atau bisa juga berarti sejumlah tertentu dari harta tertentu yang diberikan untuk orang tertentu. Lafal zakat dapat juga berarti sejumlah harta yang diambil dari harta orang yang berzakat. Dapat kita ambil kesimpulan bahwa kita selaku umat muslim telah diwajibkan oleh Allah SWT untuk mengeluarkan zakat, seperti firman Allah Swt :
 Dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat dan taatlah kepada Rasul, supaya kamu diberi rahmat“. (Surat An Nur 24 : 56).
Dalam ayat yang lain Allah menjelaskan bahwa orang yang mentaati perintah allah khususnya dalam menunaikan zakat niscaya Allah akan memberikan rahmat kepada hambanya dan akan dikembalikannya kita kepada kesucian/kembali fitrah seperti bayi yang baru dilahirkan ke alam ini atau seperti kertas putih yang belum ada coretan, seperti firman-Nya :

Artinya:
“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.”

B.       SYARAT-SYARAT WAJIB UNTUK MENGELUARKAN ZAKAT
Syarat wajib untuk mengeluarkan zakat ialah :
1.      Islam
2.      Merdeka : Hamba sahaya tidak wajib mengeluarkan zakat kecuali zakat fitrah, sedangkan tuannya wajib mengeluarkannya. Di masa sekarang persoalan hamba sahaya tidak ada lagi. Bagaimanapun syarat merdeka tetap harus dicantumkan sebagai salah satu syarat wajib mengeluarkan zakat karena persoalan hamba sahaya ini merupakan salah satu syarat yang tetap ada.
3.      Milik Sepenuhnya : Harta yang akan dizakati hendaknya milik sepenuhnya seorang yang beragama Islam dan harus merdeka. Bagi harta yang bekerjasama antara orang Islam dengan orang bukan Islam, maka hanya harta orang Islam saja yang dikeluarkan zakatnya.
4.      Cukup Haul : Cukup haul maksudnya harta tersebut dimiliki genap setahun, selama 354 hari menurut tanggalan hijrah atau 365 hari menurut tanggalan mashehi.
5.      Cukup Nisab : Nisab adalah nilai minimal sesuatu harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. Kebanyakan standar zakat harta (mal) menggunakan nilai harga emas saat ini, jumlahnya sebanyak 85 gram. Nilai emas dijadikan ukuran nisab untuk menghitung zakat uang simpanan, emas, saham, perniagaan, pendapatan dan uang dana pensiun.
C.       MACAM-MACAM  ZAKAT
Macam-macam zakat adalah di bawah ini :
1.    Zakat fitrah adalah Zakat yang wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri pada bulan Ramadan. Besar zakat ini setara dengan 3,5 liter (2,5 kilogram) makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan.
2.    Zakat maal (harta) adalah Zakat hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. Masing-masing jenis memiliki perhitungannya sendiri-sendiri.
D.       ORANG YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT
Allah SWT. berfirman :
 “Sesungguhnya sedekah – sedekah (zakat) itu hanya untuk orang – orang Fakir, Miskin, Pengurus zakat (amil),orang (Q.S. At taubah : 60)
Yang berhak menerima zakat menurut kaidah Islam terdiri dari 8 macam :
1.      Fakir : Orang yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.
2.      Miskin : Orang yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk hidup.
3.      Amil : Orang yang mengumpulkan dan membagikan zakat.
4.      Mu'allaf : Orang yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan barunya.
5.      Hamba sahaya : Orang yang ingin memerdekakan dirinya
6.      Gharimin : Orang yang berhutang untuk kebutuhan yang halal dan tidak sanggup untuk memenuhinya
7.      Fisabilillah : Orang yang berjuang di jalan Allah.
8.      Ibnus Sabil : Orang yang kehabisan biaya di perjalanan.
Dari ulasan di atas kita bisa menyimpulkan dan menyadari sendiri, apakah kita wajib membayar Zakat atau mungkin menerima Zakat. Dan perlu kita ingat bahwa tidak ada hal baik yang tidak mempunyai hikmah atau balasan dari Allah SWT. Dengan memenuhi kewajiban kita sebagai umat islam untuk membayar Zakat, tentu saja akan mendapat hikmah atau manfaat di antaranya yang bisa di ambil dari ulasan di atas :
o    Bisa mempererat tali persaudaraan antara yang miskin dan yang kaya
o    Membuang perilaku buruk dari seseorang
o    Alat pembersih harta dan penjagaan dari ketamakan seseorang
o    Ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan
o    Untuk pengembangan potensi ummat
o    Memberi dukungan moral kepada orang yang baru masuk Islam
o    Menambah pendapatan negara untuk proyek-proyek yang berguna bagi ummat.
Membayar zakat juga harus memperhatikan siapa yang menerima zakat atau mungkin yang mengurusi zakat ( Amil ). Kita harus benar-benar memahami siapa saja yang berhak menerima zakat dan jangan sampai kita salah memberikan zakat.

                                                    BAB V
                                                     HAJI
A.           PENGERTIAN
Haji adalah salah satu rukun Islam yang lima. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan bagi kaum muslim yang mampu secara material, fisik, maupun keilmuan dengan berkunjung ke beberapa tempat di Arab Saudi dan melaksanakan beberapa kegiatan pada satu waktu yang telah ditentukan yaitu pada bulan Dzulhijjah.
Secara estimologi (bahasa), Haji berarti niat (Al Qasdu), sedangkan menurut syara’ berarti Niat menuju Baitul Haram dengan amal-amal yang khusus.Temat-tempat tertentu yang dimaksud dalam definisi diatas adalah selain Ka’bah dan Mas’a (tempat sa’i), juga Padang Arafah (tempat wukuf), Muzdalifah (tempat mabit), dan Mina (tempat melontar jumroh).
Sedangkan yang dimaksud dengan waktu tertentu adalah bulan-bulan haji yaitu dimulai dari Syawal sampai sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Amalan ibadah tertentu ialah thawaf, sa’i, wukuf, mazbit di Muzdalifah, melontar jumroh, dan mabit di Mina.
Allah SWT., berfirman dalam Q.S Al-Imran : 97
Artinya :
“Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim215; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah2l6. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.
B.            RUKUN dan WAJIB HAJI
      a.   Rukun haji ialah:
          1.    Ihram
2.    Thawaf Ziyarah (disebut juga dengan Thawaf Ifadhah)
3.    Sa’i
4.    Wuquf di padang Arafah
      b.  Wajib haji:
1.    Iharam dimulai dari miqat yang telah ditentukan
2.    Wuquf di Arafah sampai matahari tenggelam
3.    Mabit di Mina
4.    Mabit di Muzdalifah hingga lewat setengah malam
5.    Melempar jumrah
6.    Mencukur rambut
7.    Tawaf Wada’
C.       SYARAT-SYARAT WAJIB HAJI
      Adapun syarat-syarat wajib haji ialah:
      a.       Islam
      b.      Berakal
      c.       Baligh
      d.      Mampu

D.      RANGKAIAN IBADAH HAJI
Rangkaian kegiatan ibadah Haji
1.   Sebelum tanggal 8 Dzulhijjah, calon jamaah haji mulai berbondong untuk melaksanakan Tawaf Haji di Masjid Al Haram, Makkah.
2.   Calon jamaah haji memakai pakaian Ihram (dua lembar kain tanpa jahitan sebagai pakaian haji), sesuai miqatnya, kemudian berniat haji, dan membaca bacaan Talbiyah, yaitu mengucapkan     Labbaikallahumma labbaik labbaika laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika laka..
3.   Tanggal 9 Dzulhijjah, pagi harinya semua calon jamaah haji menuju ke padang Arafah untuk menjalankan ibadah wukuf. Kemudian jamaah melaksanakan ibadah Wukuf, yaitu berdiam diri dan berdoa di padang Arafah hingga Maghrib datang.
4.   Tanggal 9 Dzulhijjah malam, jamaah menuju ke Muzdalifah untuk mabbit (bermalam) dan mengambil batu untuk melontar jumroh secukupnya.
5.   Tanggal 9 Dzulhijjah tengah malam (setelah mabbit) jamaah meneruskan perjalanan ke Mina untuk melaksanakan ibadah melontar Jumroh.
6.   Tanggal 10 Dzulhijjah, jamaah melaksanakan ibadah melempar Jumroh sebanyak tujuh kali ke Jumroh Aqobah sebagai simbolisasi mengusir setan. Dilanjutkan dengan tahalul yaitu mencukur rambut atau sebagian rambut.
7.   Jika jamaah mengambil nafar awal maka dapat dilanjutkan perjalanan ke Masjidil Haram untuk Tawaf Haji (menyelesaikan Haji).
8.   Sedangkan jika mengambil nafar akhir jamaah tetap tinggal di Mina dan dilanjutkan dengan melontar jumroh sambungan (Ula dan Wustha).
9.   Tanggal 11 Dzulhijjah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
10. Tanggal 12 Dzulhijjah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
11.  Jamaah haji kembali ke Makkah untuk melaksanakan Thawaf Wada’ (Thawaf perpisahan) sebelum pulang ke negara masing-masing


Tidak ada komentar:

Posting Komentar