BAB 1
THAHARAH
- PENGERTIAN
Thaharah
menurut bahasa berasal dari bahasa arab (الطهراه ( yang
artinya bersuci. Sedangkan menurut istilah, thaharah ialah menghilangkan hadas
dan najis dari badan, pakaian dan tempat supaya dapat menunaikan ibadat
khususnya ibadat solat.
Bersuci itu
adalah sesuatu yang wajib di dalam ajaran islam.Tanpa bersuci ibadat tidak
diterima.Di antara cara bersuci ialah wuduk , mandi dan membersihkan najis dari
badan dan pakaian.
- JENIS-JENIS BERSUCI
1.
Menyucikan badan dari hadas kecil.
Yaitu menyucikan badan daripada
hadas kecil dengan berwudhu atau bertayammum. Orang yang
berhadas kecil tidak dibolehkan mengerjakan
solat atau menyentuh al-Quran.
2.
Menyucikan badan dari hadas besar.
Orang yang berjunub atau berhadas
besar hendaklah membersihkan dirinya dengan mandi.Mereka yang berhadas besar
ialah mereka yang melakukan persetubuhan ,orang yang haid dan nifas. Orang yang
berhadas besar juga diharamkan mengerjakan solat, puasa, haji, duduk di dalam
masjid, menyentuh dan membaca al-Quran.
3.
Istinja’
Menghilangkan kotoran seperti najis
dari tempat keluarnya dengan sesuatu yang bersih seperti air, kertas, batu,
tisu dan sebagainya sehingga najis itu bersih. Istinja’ itu mestilah
menghilangkan najis, baunya dan rasanya.
Cara-cara beristinja’:
Cara-cara beristinja’:
a.
Istinja’ itu mestilah 3 kali ulang, kalau masih belum suci boleh di ulangi
lagi sehingga bersih.
b.
Alat dibuat istinja’ itu mestilah dapat membersihkan tempat najis yang
keluar.
c.
Sekiranya batu mestilah diambil sekurang-kurangnya 3 biji.
- AIR
Air di bagi menjadi
beberapa bagian, yaitu :
1. Air Mutlak (Air
yang suci lagi menyucikan).
Air ini boleh digunakan untuk minum, mandi dan
berwudhu dan boleh juga digunakan untuk membasuh.contoh air mutlak ialah air
telaga, air sungai, air hujan, air mata air, air laut dan sebagainya.
2. Air
Musta’mal (Air yang telah digunakan ).
3. Air yang
suci tetapi tidak boleh menyucikan.
Yaitu air yang telah berubah salah satu sifatnya, contoh
seperti air kopi, air teh dan sebagainya. Termasuk juga dalam golongan ini air
yang kurang dari dua kolah yaitu air yang sudah digunakan untuk berwudhu atau
menghilangkan najis.
4. Air
Mutannajis ( Air yang kotor).
Air yang najis yaitu air yang sudah berubah semua
sifatnya seperti warna, rasa atau baunya dan bercampur dengan najis.
5. Air Musyammas
(air yang berjemur pada matahari).
Ialah air yang makruh untuk digunakan ialah air yang
terjemur pada terik matahari dalam bekas selain bekas daripada emas atau perak.
Air ini makruh digunakan untuk badan tetapi boleh digunakan untuk membasuh
pakaian.
- JENIS – JENIS NAJIS
Jenis-jenis najis di kelompokkan menjadi 3 bagian di
bawah ini :
1. Najis
Mughallazah (najis berat).
Yaitu najis yang berat yaitu najis anjing dan babi.
Cara mencuci barang–barang yang terkena najis ini ialah dengan menyamak yaitu
membasuh dengan air sebanyak 7 kali. Di antara basuhan itu hendaklah dengan air
bercampur dengan tanah.
2. Najis
mukhaffafah (najis ringan).
Yaitu najis yang ringan seperti kencing bayi yang
berusia 2 tahun kebawah, yang hanya minum susu ibunya saja. Cara menyucinya
ialah dengan merenjis air di tempat terkena kencing itu.
3. Najis
Mutawassitah (najis pertengahan).
Yaitu najis pertengahan. Termasuk dalam kumpulan ini
ialah air kencing, tahi, darah, nanah, muntah, air mazi (yaitu air putih jernih
yang keluar dari kemaluan ketika nafsu berahi meningkat), wadi (yaitu air putih
jernih yang keluar dari kemaluan sesudah buang air kecil ketika kerja berat), arak
dan susu binatang yang tidak boleh dimakan. Cara menyucinya ialah basuh dengan
air bersih hingga hilang baunya, rasanya, dan warnanya. Jika sudah dibasuh
berulang-ulang kali tetapi bau dan warnanya tidak juga hilang adalah dimaafkan.
- WUDHU
1. Pengertian
wudhu
Wudhu menurut bahasa artinya bersih dan indah. Menurut
syarak artinya membersihkan anggota wudhu untuk menghilangkan hadas kecil. Bagi
orang yang hendak menunaikan sholat, wajiblah baginya berwudhu dahulu kerana
berwudhu adalah syarat sahnya sholat.
Hadits
Rasul SAW :
لا يقبل الله صلاة احدكم إذا احدت حتّي يتوضّأ
Yang artinya “ Allah tidak menerima shalat seseorang kamu bila Ia berhadats, sampai Ia berwudhu’ “ ( HR Baihaqi, Abu Daud, dan Tirmizi ).
لا يقبل الله صلاة احدكم إذا احدت حتّي يتوضّأ
Yang artinya “ Allah tidak menerima shalat seseorang kamu bila Ia berhadats, sampai Ia berwudhu’ “ ( HR Baihaqi, Abu Daud, dan Tirmizi ).
2. Fardhu Wudhu
Dalam Q.S.
Al-maidah : 6 Allah beriman :
“Hai orang-orang yang beriman,
apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai
dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata
kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau
dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh
perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah
yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak
hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan
nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”
Berdasarkan ayat di atas, maka fardu wudhu ada enam perkara berikut :
a.
Niat.
Ialah berniat dalam hati ketika membasuh sebahagian muka.membaca lafaz adalah sunat. Lafadznya ialah sebagai berikutt:
نويت الوضوع لرفع الحدث الاصغر لله تعالى
“ Sengaja aku berwudhu untuk mengangkat hadas yang kecil kerana Allah Taala”
Ialah berniat dalam hati ketika membasuh sebahagian muka.membaca lafaz adalah sunat. Lafadznya ialah sebagai berikutt:
نويت الوضوع لرفع الحدث الاصغر لله تعالى
“ Sengaja aku berwudhu untuk mengangkat hadas yang kecil kerana Allah Taala”
b.
Membasuh muka
Yaitu membasuh dari sekeliling tempat tumbuhnya rambut kepala hinggga ke bawah dagu dan dari telinga kanan hingga ke telinga kiri.
Yaitu membasuh dari sekeliling tempat tumbuhnya rambut kepala hinggga ke bawah dagu dan dari telinga kanan hingga ke telinga kiri.
c.
Membasuh kedua tangan hingga kesiku dimulai dengan tangan kanan kemudian
tangan kiri.
d.
Membasuh atau menyapuh sebahagian dari kepala. Sekurang-kurangnya membasahkan
3 helai rambut dikepala.
e.
Membasuh kedua kaki hingga ke buku lali dimulai dari kaki kanan kemudian
kaki kiri.
f.
Tertib yaitu melakukan wudhu mengikut turutan dan berturut-turut.
3. Syarat-Syarat
Wudhu
Adapun
syarat-syarat wudhu adalah sebagai berikut :
a. Beragama ilslam
b. Mumaiyiz yaitu seseorang yang telah
dapat membedakan antara yang bersih dengan yang kotor.
c. Suci dari haid dan nifas
d. Dengan air yang suci lagi menyucikan
e. Tidak ada sesuatu yang dapat
menghalang air sampai kekulit (anggota wudhu) seperti getah, minyak dan
sebagainya
f. Mengetahui yang mana wajib dan yang
mana sunat
4. Sunat-Sunat
Wudhu
Sunat-sunat
wudhu ialah sebagai berikut :
a.
Membaca Bismillah.
b.
Membasuh kedua tangan sehingga ke pergelangan tangan.
c.
Berkumur-kumur.
d.
Memasukkan air kehidung.
e.
Menyapu seluruh kepala.
f.
Menyapu air kedua-dua telinga luar dan dalam.
g.
Membasuh tiap-tiap anggota wuduk tiga kali.
h.
Tidak bercakap-cakap ketika berwudhu.
i.
Bersikat gigi.
j.
Membaca doa selepas berwudhu.
5. Perkara-Perkara
Yang Membatalkan Wudhu
a.
Keluar sesuatu dari dua jalan yaitu qubul
dan dubur seperti kentut, kencing dan sebagainya
b.
Hilang ingatan dengan sebab gila atau pitam atau tidur yang tidak tetap
kedudukannya
c.
Bersentuh kulit antara lelaki dan perempuan yang bukan muhrimnya
d.
Menyentuh kemaluan dengan telapak tangan atau perut anak jari. Entah kemaluan
sendiri atau orang lain.
- TAYAMMUM
Tayammum
ialah menyapu tanah dengan kedua tangan hingga ke siku dengan beberapa syarat
tertentu .Tayammun adalah sebagai ganti wudhu atau mandi wajib khususnya bagi
mereka yang tidak boleh menggunakan air kerana sebab-sebab tertentu yaitu uzur kerana sakit yang tidak boleh terkena air, tiada
air atau ada air yang cukup untuk minum saja.
a. masuk waktu
solat sedangkan air tidak ada,
b. tidak ada
air walaupun sudah berusaha mencarinya,
c. tanah suci
dan berdebu,
d. menghilangkan
najis dari badannya dengan beristinja’ sebelum bertayammum.
2.
Rukun Tayammum
a. berniat,
b. menekankan
kedua tapak tangan ke atas bedu yang suci,
c. menyapu muka
dengan debu tadi,
d. menekan
kedua telapak tangan ke atas debu sekali lagi kemudian menyapu dua tapak tangan
sampai kesiku,
e. tertib.
3.
Sunnat Tayammum
Sunnat-sunnat
tayammum adalah sebagai berikut :
a. Membaca
Basmalah,
b. Mengadap
kiblat,
c. Mendahului
menyapu anggota kanan,
d. Mengejakan
dengan berturut-berturut.
4.
Perkara yang Membatalkan Tayammum
Perkara yang
bisa membatalkan tayammum adalah sebagai berikut :
a. semua
perkara yang membatalkan wudhu,
b. mendapatkan
air sebelum memulakan sholat (bagi orang yang tidak uzur),
c. apabila
orang yang uzur boleh menggunakan air.
- MANDI WAJIB atau MANDI JUNUB
Mandi junub
ialah mandi yang wajib dilakukan untuk mengangkat hadas yang besar setelah
berlaku salah satu daripada sebab-sebab yang menyebabkan wajibnya mandi wajib
seperti bersetubuh, nifas, dan lain-lain.
1. Sebab-sebab
Wajib Mandi :
a. melakukan persetubuhan yaitu memasukkan kepala hasafah ke dalam faraj meskipun
tidak keluar air mani,
b.
keluar air mani walaupun tidak bersetubuh,
c.
mati kecuali mati syahid,
d.
suci daripada haid. Apabila seseorang perempuan telah suci daripada haidnya
maka wajiblah dia mandi dengan segera,
e.
suci dari darah nifas iaitu darah yang keluar sesudah melahirkan anak.
f.
Wiladah yaitu melahirkan anak.
2. Rukun Mandi
Junub :
a.
Niat.
b.
menghilangkan semua najis daripada anggota badan,
c.
meratakan air ke seluruh badan.
3. Sunah-sunnah
Mandi Junub :
a.
membaca bismillah,
b.
mencuci faraj dan dubur dengan air bersih,
c.
kalau ada najis ditubuh badan hendaklah dibersihkan terlebih dahulu,
d.
sunnah berwudhu,
e.
menjirus air ke badan dimulakan dari sebelah kanan.
4. Perkara-Perkara
yang Dilarang Bagi Orang yang Berhadas Besar :
a. mengerjakan solat, termasuk juga sujud syukur, sujud
tilawah, membaca khutbah jumaat,
b. melakukan tawaf di Baitullah,
c. menyentuh dan membaca al-Quran,
d. berhenti di dalam masjid atau
berulang-alik di dalamnya,
e. berpuasa dan sebagainya.
BAB II
SHOLAT
- PENGERTIAN
Menurut
bahasa sholat artinya berdoa, sedangkan menurut istilah sholat ialah suatu
perbuatan serta perkataan tertentu yang di mulai dengan takbir dan diakhiri
dengan salam sesuai dengan persyaratan yang ada.
Allah SWT.,
berfirman :
Artinya:
Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukulah
beserta orang – orang yang ruku..
- HUKUM, TUJUAN dan SYARAT
1. Hukum sholat
fardhu lima kali sehari adalah wajib bagi semua yang telah dewasa atau akil
baligh serta normal (tidak gila).
2. Tujuan
sholat adalah untuk mencegah perbuatan keji dan mungkar.
إِنَّ الصَّلاَةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ
وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ
“sesungguhnya
sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.”
3. Syarat-syarat
untuk menunaikan sholat
a.
Beragama islam
b.
Berakal
عَنِ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ، وَعَنِ
الْمُبْتَلَى حَتَّى يَبْرَأَ، وَعَنِ الصَّبِيِّ حَتَّى يَكْبُر رُفِعَ الْقَلَمُ
عَنْ ثَلاَثَةٍ
“Diangkat
pena dari tiga golongan: orang yg tidur sampai ia bangun orang gila sampai
kembali akal atau sadar dan anak kecil hingga ia besar.”
c.
Baligh
d.
Mumayyiz
e.
Bersih dari hadas dan najis
f.
Sadar atau tidak sedang tidur.
- SYARAT SAH PELAKSANAAN SHOLAT
Syarat sah
sholat adalah sebagai berikut :
1. Masuk waktu
sholat
2. Menghadap
kiblat
3. Suci dari
hadas dan najis (baik badan maupun tempat ibadah)
4. Menutup
aurat
- RUKUN SHOLAT
Ketika
sholat ada rukun-rukun yang harus kita penuhi, yakni :
1. Niat
2. Posisi
berdiri bagi yang mampu
3. Takbiratul
ihram
4. Membaca
suratul fatihah
5. Rukuk
6. I’tidhal
7. Sujud
8. Duduk di
antara dua sujud
9. Sujud kedua
10. Tasyahud
11. Membaca
shalawat Nabi
12. Salam (ke
kanan adalah wajib dan ke kiri adalah sunnah).
- HAL YANG MEMBATALKAN SHOLAT
Dalam
melaksanakan ibadah sholat, sebaiknya kita memperhatikan hal-hal yang bisa
membatalkan sholat kia, contohnya seperti :
1. Berhadas dan
najis baik pada tubuh, pakaian, maupun tempat.
2. Berkata-kata
kotor
3. Melakukan
banyak gerakan di luar bukan darurat
4. Gerakan
sholat tidak sesuai dengan rukun sholat dan gerakan yang tidak tuma’ninah.
5. Ada yang
keluar pada qubul dan dubur
6. Melakukan
persetubuhan dengan istri baik keluar air mani maupun tidak.
BAB III
PUASA
A.
PENGERTIAN
Puasa
berasal dari bahasa Arab ( الصيام ) yang berarti
menahan. Secaara istilah adalah menahan diri dari semua hal yang dapat
membatalkan puasa mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.
Allah SWT.,
berfirman dalam Q.S Al-Baqarah : 183
Artinya :
“Hai
orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan
atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”
B.
MACAM-MACAM PUASA
Berdasarkan
jenisnya puasa di bagi menjadi dua, yakni :
1. Puasa wajib,
yang meliputi :
a. Puasa
ramadhan
b. Puasa nazar
c. Puasa
kifarat
2. Puasa
sunnah, yang meliputi :
a. Puasa 6 hari
berturut-turut di bulan Syawal, dimulai pada hari ke-2 (setelah Idul Fitri)
sampai hari ke-7
b.
Puasa Arafah pada tanggal 9
Dzulhijah bagi orang-orang yang tidak menunaikan ibadah haji
c.
Puasa Senin-Kamis
d.
Puasa Daud (sehari puasa, sehari
tidak), bertujuan untuk meneladani puasanya Nabi Daud As.
e.
Puasa 3 hari pada pertengahan bulan
(menurut kalender islam)(Yaumil Bidh), tanggal 13, 14, dan 15
f. Puasa
Sya’ban (Nisfu Sya’ban) pada awal pertengahan bulan Sya’ban.
C.
SYARAT WAJIB PUASA
Syarat wajib
puasa adalah sebagai berikut :
1.
Beragama islam
2.
Berakal sehat
3.
Baligh (sudah cukup umur)
4.
Mampu melaksanaknnya
5.
Orang yang sedang berada di tempat.
D. SYARAT SAH
PUASA
Adapun
syarat sah nya puasa ialah sebagai berikut :
1. Islam
2. Mumayyis
(dapat membedakan yang baik dan yang buruk)
3. Suci dari
haid dan nifas
4. Mengetahui
waktu diterimanya puasa.
E. RUKUN PUASA
Dalam
menjalankan ibadah puasa ada beberapa rukun yang harus di penuhi yakni :
1. Niat
2. Meninggalkan
segala yang membatalkan puasa mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.
F.
WAKTU YANG DIHARAMKAN UNTUK BERPUASA
Waktu haram
puasa adalah waktu saat umat Muslim dilarang berpuasa. Hikmah puasa adalah
ketika semua orang bergembira, seseorang itu perlu turut bersama merayakannya.
Adapun waktu
yang diharamkan untuk berpuasa ialah :
1. Hari Raya
Idul Fitri (1 Syawal)
2. Hari Raya
Idul Adha (10 Zulhijjah)
3. Hari-hari
Tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijjah).
G. SUNNAH-SUNNAH
PUASA
1. Bersahur
walaupun sedikit makanan atau minuman
2. Melambatkan
bersahur
3. Meninggalkan
perkataan atau perbuatan keji
4. Segera
berbuka setelah masuknya waktu berbuka.Mendahulukan berbuka daripada sembahyang
Maghrib
5. Berbuka
dengan buah tamar, jika tidak ada dengan air
6. Membaca doa
berbuka puasa
H. HAL YANG MAKHRUH
KETIKA BERPUASA
1. Selalu
berkumur-kumur
2. Merasa
makanan dengan lidah
3. Berbekam
kecuali perlu
4. Mengulum
sesuatu
I.
HAL/PERKARA YANG MEMBATALKAN PUASA
Adapun
perkara yang membatalkan puasa ialah sebagai berikut :
1. Memasukkan
sesuatu ke dalam rongga badan
2. Muntah
dengan sengaja
3. Bersetubuh
atau mengeluarkan mani dengan sengaja
4. Kedatangan
haid atau nifas
5. Melahirkan
anak atau keguguran
6. Gila
walaupun sekejap
7. Mabuk
ataupun pingsan
8. Murtad
(keluar dari agama islam).
J.
HIKMAH PUASA
1. Melatih
kesabaran dalam menjalani hidup
2. Sebagai
bentuk pendidikan kepada si kaya akan perihnya jika tidak makan seperti yang
dirasakan si miskin.
3. Sebagai
jawaban bahwa semua hamba itu adalah sama di mata Allah.
BAB IV
ZAKAT
A. PENGERTIAN
Zakat adalah
salah satu rukun Islam yang lima. Zakat secara etimologi berarti “tumbuh dan
bertambah”. Juga bisa berarti berkah,
bersih, suci, subur dan berkembang maju.
Zakat
menurut terminologi berarti, sejumlah harta tertentu yang diwajibkan oleh Allah
subhanahu wata'ala. untuk diberikan kepada para mustahik yang disebutkan dalam
Al-quran. Atau bisa juga berarti sejumlah tertentu dari harta tertentu yang
diberikan untuk orang tertentu. Lafal zakat dapat juga berarti sejumlah harta
yang diambil dari harta orang yang berzakat. Dapat kita ambil kesimpulan bahwa kita selaku umat
muslim telah diwajibkan oleh Allah SWT untuk mengeluarkan zakat, seperti firman
Allah Swt :
“Dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah
zakat dan taatlah kepada Rasul, supaya kamu diberi rahmat“. (Surat An Nur
24 : 56).
Dalam ayat yang
lain Allah menjelaskan bahwa orang yang mentaati perintah allah khususnya dalam
menunaikan zakat niscaya Allah akan memberikan rahmat kepada hambanya dan akan
dikembalikannya kita kepada kesucian/kembali fitrah seperti bayi yang baru
dilahirkan ke alam ini atau seperti kertas putih yang belum ada coretan,
seperti firman-Nya :
Artinya:
“Ambillah zakat dari sebagian harta
mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah
untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi
mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.”
B.
SYARAT-SYARAT WAJIB UNTUK
MENGELUARKAN ZAKAT
Syarat wajib untuk mengeluarkan zakat ialah :
1.
Islam
2.
Merdeka : Hamba sahaya
tidak wajib mengeluarkan zakat kecuali zakat fitrah, sedangkan tuannya wajib
mengeluarkannya. Di masa sekarang persoalan hamba sahaya tidak ada lagi.
Bagaimanapun syarat merdeka tetap harus dicantumkan sebagai salah satu syarat
wajib mengeluarkan zakat karena persoalan hamba sahaya ini merupakan salah satu
syarat yang tetap ada.
3.
Milik
Sepenuhnya : Harta yang
akan dizakati hendaknya milik sepenuhnya seorang yang beragama Islam dan harus
merdeka. Bagi harta yang bekerjasama antara orang Islam dengan orang bukan
Islam, maka hanya harta orang Islam saja yang dikeluarkan zakatnya.
4.
Cukup Haul : Cukup haul maksudnya harta tersebut
dimiliki genap setahun, selama 354 hari menurut tanggalan hijrah atau 365 hari
menurut tanggalan mashehi.
5.
Cukup Nisab : Nisab adalah nilai minimal sesuatu
harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. Kebanyakan standar zakat harta (mal)
menggunakan nilai harga emas saat ini, jumlahnya sebanyak 85 gram. Nilai emas
dijadikan ukuran nisab untuk menghitung zakat uang simpanan, emas, saham,
perniagaan, pendapatan dan uang dana pensiun.
C.
MACAM-MACAM ZAKAT
Macam-macam zakat adalah di bawah
ini :
1. Zakat fitrah
adalah Zakat yang wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri pada bulan
Ramadan. Besar zakat ini setara dengan 3,5 liter (2,5 kilogram) makanan pokok
yang ada di daerah bersangkutan.
2. Zakat maal
(harta) adalah Zakat hasil perniagaan, pertanian, pertambangan,
hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. Masing-masing jenis
memiliki perhitungannya sendiri-sendiri.
D.
ORANG YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT
Allah SWT. berfirman :
“Sesungguhnya
sedekah – sedekah (zakat) itu hanya untuk orang – orang Fakir, Miskin, Pengurus
zakat (amil),orang (Q.S. At taubah : 60)
Yang
berhak menerima zakat menurut kaidah Islam terdiri dari 8 macam :
1. Fakir
: Orang yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi
kebutuhan pokok hidup.
2. Miskin
: Orang yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar
untuk hidup.
3. Amil
: Orang yang mengumpulkan dan membagikan zakat.
4. Mu'allaf
: Orang yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menyesuaikan diri
dengan keadaan barunya.
5. Hamba
sahaya : Orang yang ingin memerdekakan dirinya
6. Gharimin
: Orang yang berhutang untuk kebutuhan yang halal dan tidak sanggup untuk
memenuhinya
7. Fisabilillah
: Orang yang berjuang di jalan Allah.
8. Ibnus
Sabil : Orang yang kehabisan biaya di perjalanan.
Dari
ulasan di atas kita bisa menyimpulkan dan menyadari sendiri, apakah kita wajib
membayar Zakat atau mungkin menerima Zakat. Dan perlu kita ingat
bahwa tidak ada hal baik yang tidak mempunyai hikmah atau balasan dari Allah
SWT. Dengan memenuhi kewajiban kita sebagai umat islam untuk membayar Zakat,
tentu saja akan mendapat hikmah atau manfaat di antaranya yang bisa di ambil
dari ulasan di atas :
o
Bisa mempererat
tali persaudaraan antara yang miskin dan yang kaya
o
Membuang
perilaku buruk dari seseorang
o
Alat pembersih
harta dan penjagaan dari ketamakan seseorang
o
Ungkapan rasa
syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan
o
Untuk
pengembangan potensi ummat
o
Memberi dukungan
moral kepada orang yang baru masuk Islam
o
Menambah
pendapatan negara untuk proyek-proyek yang berguna bagi ummat.
Membayar
zakat juga harus memperhatikan siapa yang menerima zakat atau mungkin yang
mengurusi zakat ( Amil ). Kita harus benar-benar memahami siapa saja yang
berhak menerima zakat dan jangan sampai kita salah memberikan zakat.
BAB
V
HAJI
A.
PENGERTIAN
Haji adalah
salah satu rukun Islam yang lima. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual
tahunan bagi kaum muslim yang mampu secara material, fisik, maupun keilmuan
dengan berkunjung ke beberapa tempat di Arab Saudi dan melaksanakan beberapa
kegiatan pada satu waktu yang telah ditentukan yaitu pada bulan Dzulhijjah.
Secara estimologi (bahasa),
Haji berarti niat (Al Qasdu), sedangkan menurut
syara’ berarti Niat menuju Baitul Haram dengan amal-amal yang
khusus.Temat-tempat tertentu yang dimaksud dalam definisi diatas adalah selain
Ka’bah dan Mas’a (tempat sa’i), juga Padang Arafah (tempat wukuf), Muzdalifah
(tempat mabit), dan Mina (tempat melontar jumroh).
Sedangkan yang dimaksud dengan
waktu tertentu adalah bulan-bulan haji yaitu dimulai dari Syawal sampai sepuluh
hari pertama bulan Dzulhijjah. Amalan ibadah tertentu ialah thawaf, sa’i,
wukuf, mazbit di Muzdalifah, melontar jumroh, dan mabit di Mina.
Allah SWT., berfirman dalam
Q.S Al-Imran : 97
Artinya :
“Padanya terdapat tanda-tanda
yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim215; barangsiapa memasukinya (Baitullah
itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap
Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah2l6.
Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya
(tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.
B.
RUKUN dan WAJIB HAJI
a. Rukun haji ialah:
1. Ihram
2. Thawaf Ziyarah (disebut juga dengan Thawaf Ifadhah)
3. Sa’i
4. Wuquf di padang Arafah
1. Ihram
2. Thawaf Ziyarah (disebut juga dengan Thawaf Ifadhah)
3. Sa’i
4. Wuquf di padang Arafah
b.
Wajib
haji:
1. Iharam dimulai dari
miqat yang telah ditentukan
2. Wuquf di Arafah sampai matahari tenggelam
3. Mabit di Mina
4. Mabit di Muzdalifah hingga lewat setengah malam
5. Melempar jumrah
6. Mencukur rambut
7. Tawaf Wada’
2. Wuquf di Arafah sampai matahari tenggelam
3. Mabit di Mina
4. Mabit di Muzdalifah hingga lewat setengah malam
5. Melempar jumrah
6. Mencukur rambut
7. Tawaf Wada’
C. SYARAT-SYARAT
WAJIB HAJI
Adapun syarat-syarat
wajib haji ialah:
a. Islam
b.
Berakal
c.
Baligh
d. Mampu
D.
RANGKAIAN IBADAH HAJI
Rangkaian kegiatan ibadah Haji
1. Sebelum tanggal 8 Dzulhijjah,
calon jamaah haji mulai berbondong untuk melaksanakan Tawaf Haji di Masjid Al
Haram, Makkah.
2. Calon jamaah haji memakai pakaian
Ihram (dua lembar kain tanpa jahitan sebagai pakaian haji), sesuai miqatnya,
kemudian berniat haji, dan membaca bacaan Talbiyah, yaitu
mengucapkan Labbaikallahumma
labbaik labbaika laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal
mulk laa syarika laka..
3. Tanggal 9 Dzulhijjah, pagi harinya
semua calon jamaah haji menuju ke padang Arafah untuk menjalankan ibadah wukuf.
Kemudian jamaah melaksanakan ibadah Wukuf, yaitu berdiam diri dan berdoa di
padang Arafah hingga Maghrib datang.
4. Tanggal 9 Dzulhijjah malam, jamaah
menuju ke Muzdalifah untuk mabbit (bermalam) dan mengambil batu untuk melontar
jumroh secukupnya.
5. Tanggal 9 Dzulhijjah tengah malam
(setelah mabbit) jamaah meneruskan perjalanan ke Mina untuk melaksanakan ibadah
melontar Jumroh.
6. Tanggal 10 Dzulhijjah, jamaah
melaksanakan ibadah melempar Jumroh sebanyak tujuh kali ke Jumroh Aqobah
sebagai simbolisasi mengusir setan. Dilanjutkan dengan tahalul yaitu mencukur
rambut atau sebagian rambut.
7. Jika jamaah mengambil nafar awal
maka dapat dilanjutkan perjalanan ke Masjidil Haram untuk Tawaf Haji
(menyelesaikan Haji).
8. Sedangkan jika mengambil nafar
akhir jamaah tetap tinggal di Mina dan dilanjutkan dengan melontar jumroh
sambungan (Ula dan Wustha).
9. Tanggal 11 Dzulhijjah, melempar
jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
10. Tanggal 12 Dzulhijjah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu
pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
11. Jamaah haji kembali ke Makkah untuk melaksanakan Thawaf Wada’
(Thawaf perpisahan) sebelum pulang ke negara masing-masing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar